Translate

Senin, 30 Juni 2014

Tips Menangani Hp yang Terendam Air

Pernahkah hp anda jatuh ke dalam air? sungai? bahkan Got? Kemudian hp anda basah kuyup? pasti anda akan merasa sangat panik, apalagi jika hp anda itu hp MAHAL yang baru beli kemarin. pasti anda akan sangat panik, nah disini saya akan berbagi tips pertolongan pertama saat ponsel atau hp anda jatuh ke terkena air, langsung saja cara"a sebagai berikut :




1. Cepat Ambil Ponsel Dari Air
              Meskipun ponsel terlihat tertutup rapat oleh penggunaan casing, dipastikan air dapat dengan mudah merembes ke dalam ponsel. Jadi, keluarkan ponsel dari air sesegera mungkin dan jangan langsung dinyalakan terlebih dahulu sebelum dikeringkan.
  • Lepaskan semua cover dan baterai
Melepas bagian cover ponsel bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam dan terutama melepaskan baterai yang masih tertanam, meskipun ponsel dalam keadaan mati, namun aliran listrik dari baterai masih mengalir dan menghindari terjadinya konslet.
  • Keluarkan kartu SIM dan memori card
Data dan informasi yang tersimpan pada kartu SIM ataupun memori kadang lebih penting dari ponselnya sendiri, untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan maka segera keluarkan kedua komponen itu.
  • Keringkan ponsel dengan kain handuk
Keringkan ponsel menggunakan kain handuk secara menyeluruh bagian luar dan dalam ponsel dengan cara mengelapnya secara perlahan, usahakan jangan menggerak-gerakan ponsel agar air tidak bergerak ke sana ke mari.
  • Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)
Jika ada, fungsi vacuum cleaner ini dapat membantu mengeringkan ponsel dengan cepat. Usahakan jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat dengan ponsel dan jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) karena dapat menimbulkan kelembaban pada ponsel. Sehingga dikhawatirkan berpotensi memperparah kerusakan.
  • Gunakan bahan penyerap air seperti beras
Masukan ponsel ke dalam beras dan dibiarkan semalaman atau lebih lama lagi untuk menyerap kelembaban ponsel. Selain beras, dapat juga menggunakan silica gel caranya masukan ponsel bersama silica gel ke dalam wadah tertutup rapat, agar lebih efektif menyerap kelembaban putarlah ponsel tiap beberapa jam sekali agar air dalam keluar lewat bawah.
  • Coba nyalakan ponsel
Setelah melakukan beberapa tahapanan diatas, kini cobalah nyalakan ponsel dan lihat apakah ponsel sudah berfungsi normal, jika ponsel tidak mau menyala, coba hubungkan ke charger. Jika dengan cara ini ponsel berhasil menyala, kemungkinan baterai rusak dan harus diganti. Dan jika memungkinkan mintalah bantuan tenaga professional untuk mengecek ponsel tersebut agar benar-benar bisa berfungsi dengan normal kembali.
Demikianlah Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam Air dari kami semoga bermanfaat untuk anda. Salam Blogger! :)

@erwanr14
rahmayadierwan.blogspot.com 
https://www.facebook.com/erwanTEKNO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar